PROFIL. PERSEPSI DAN MOTIVASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK

Farid Haluti, Nurhidayah Layoo

Abstract


Tujuan penelitian in adalah mendeskripsikan profil mahasiswa baru UML, mengidentifikasi persepsi mahasiswa baru terhadap UML, mengidentifikasi motivasi mahaisiswa baru dan media promosi yang efektif mendorong mahasiswa baru untuk mengenal dan memilih UML,. Sampel penelitian sebanyak 725 mahasiswa baru angkatan 2018/2019 yang mengikuti ta’aruf, data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, lalu data tersebut dianalisisa secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil mahasiswa baru UML yakni 58% perempuan, sebagian besar (67%) berumur 18-19 tahun , 94% tidak bekerja, 3% telah menikah, 43% dari orangtua mahasiswa memiliki pekerjaan sebagai petani, Lebih dari separuh (51%) Sedangkan persepsi mahasiswa tentang UML adalah 44,1% beranggapan program studi yang ada sangat sesuai dengan minat mahasiswa, dan 41% beranggapan UML termasuk perguruan tinggi yang Islami. Motivasi sebagian besar mahasiswa (36%) masuk UML karena adanya keinginan menjadi Aparatur Sipil Negara, 25% ingin menjadi wirausahawan, dan 16% termotivasi ingin menjadi karyawan BUMN. Media promosi yang efektif mendorong mahasiswa mengenal dan memilih UML adalah melalui cerita keluarga atau teman yang sedang/pernah kuliah di UML.


Keywords


Mahasiswa baru, profil, promosi, persepsi, motivasi

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan, 2012. Strategic Marketing, Sustainning Lifetime Customer Value. RajaGrafindo Persada, Jakarta

Bimo Walgito, 2003. Psikologi Sosial: Suatu pengantar. Yogyakarta; Fakultas Psikologi UGM.

BPS Kabupaten Banggai, 2018. Kabupaten Banggai Dalam Angka. BPS Banggai.go.id

BPS, 2019. Indeks Pemberdayaan Gender di Indonesia. BPS.go.id

Dharmawansyah, Surya, Cangara, Hafied & Sultan, M. Ikbal, 2014. Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar. Jurnal Komunikasi Kareba Vol. 3 No. 4 Desember 2014 halm 256-263.

Hadijah Ismail, 2013. Persepsi Mahasiswa Terhadap Prospek Program Studi Pedidikan Geografi. Universitas Gorontalo. Repository.ung.ac.id

Irwanto, 2003. Psikologi Umum. Jakarta. PT Prenhallindo.

Jalaludin Rakhmat, 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Layoo, Nurhidayah, 2018. Dasar-Dasar Manajemen, Bahan Ajar Universitas Muhammadiyah Luwuk

Layoo, Nurhidayah, 2019. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Luwuk

Moh. Uzer Uzman, 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti. Freddy, 2009. Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Renata danTobari, 2017. Strategi Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan volume 2 nomor 1 Juni-Desember2017

Riadi, Bambang, 2016. Persepsi Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pada Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni. Jurnal Pesona Volume 2 No. 1, Januari 2016 Hlm. 138-148

Sugiyono, 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa Depdiknas.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Ulum, M.Bahrul & Shofa, Faila, 2017. Pengaruh Iklan Media Cetak dan Online Terhadap Minat Memilih Perguruan Tinggi IBI Darmajaya (Studi Kasus pada Siswa(i) Kelas XII SMA Sederajat di Kota Mandiri Terpadu Mesuji Timur, Lampung. Prosiding Seminar: Membangun Etika Sosial Politik Menuju Masyarakat yang Berkeadilan, Bandar Lampung Tanggal 18 Oktober 2017

Winardi, J., 2002. Motivasi dan pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widhiandono, Hengki dan Septin Tri, 2019. Brand Position dan Media Promosi Dalam Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Dengan Pendekatan Strategi Pemasaran Internasional. https://www.academia.edu/3268211/, diakses, 05 September 2019

Zirmansyah, 2013. Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia terhadap Pembelajaran Mata Kuliah Universitas. Jurnal Al Azhar Indonesia seri Humaniora. Vol. 2, No.2 2013.




DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats

 

Creative Commons License