TINJAUAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA TEKNIK DALAM PERKULIAHAN KIMIA DASAR

CHICHI RAHAYU, ELIYARTI ELIYARTI

Abstract


Motivasi yang kuat dibutuhkan pada diri mahasiswa  agar dapat mengikuti perkuliahan dengan optimal terutama perkuliahan Kimia Dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi berprestasi mahasiswa teknik dalam perkuliahan kimia dasar. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Populasi penelitian ini merupakan mahasiswa tingkat I Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti dalam perkuliahan Kimia Dasar semester ganjil 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen data menggunakan lembar pengamatan, kuisioner, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran motivasi berprestasi mahasiswa teknik dalam mata kuliah Kimia Dasar bahwa mahasiswa memiliki berbagai alasan yang memotivasi mereka dalam memilih posisi tempat duduk, yang kemudian memiliki implikasi dengan hasil belajar mereka. Mahasiswa menetapkan target nilai yang cukup tinggi nilai A sebanyak 52,94%,dan target nilai B 41,18%. Persentase mahasiswa yang selaras antara target dan keyakinan diri adalah 76,47%, Namun, persentase mahasiswa yang selaras antara target dan keyakinan diri serta nilai UAS yang diperoleh hanya 41,2 %. Diharapkan mahasiswa dalam memilih posisi duduk untuk memberikan kenyamanan berinteraksi dengan dosen bukan menghindari kontak dengan dosen, serta dalam penetapan target harus diikuti dengan keyakinan yang kuat dan usaha keras untuk mencapai target tersebut

Keywords


Motivasi; Berprestasi; Kimia; Dasar.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2005).Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (Optimalisasi Kinerja Dosen Dalam Pembelajaran Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta), Jurnal Suhuf, Vol XVII(1), pp 75-85.

Fahli, R, M., Mujab, A, M. (2015). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Kedisiplinan Pada Siswa Kelas VIII Reguler MTSN NGANJUK, Jurnal Empati, Vol 4(2) pp 146-152

Gollwitzer, P, M, Oettingen, G. (2015) Motivation:History of concept. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences Vol 15 Oxford: Elsevier. pp. 936–939

Mahyuddin, R, et al .(2006). The Relationship Between Students' Selfefficacy And Their English Language Achievement. Jurnal Pendidik dan Pendidikan, Vol. 21, 61–71.

Mujib, A. (2012). Motivasi Berprestasi sebagai Mediator Kepuasan Kerja. Jurnal Psikologi, Vol. 39(2), pp 143 – 155

Mentari, L, et al. (2014). Analisis Miskonsepsi Siswa Sma Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga, E-Journal Kimia Visvitalis Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Kimia, Vol. 2(1), pp 76-87

Moore, L, L., et al. (2010). Using Achievement Motivation Theory to Explain Student Participation in a Residential Leadership Learning Community, Journal of Leadership Education, Vol 9(2), pp 22-34

Nayantaka, J., Ina, S, S. (2017). Motivasi Berprestasi Mahasiswa yang berasal dari Pulau Mandangin, Character: Jurnal Psikologi Pendidikan, Vol.04(1) pp 1-12.

Nilawati, L., Dinanto, I, B. (2011). Pengaruh Motivasi Pada Kinerja belajar: Pengujian Terhadap Sebuah Model, Jurnal manajemen bisnis, Vol 3(3), pp 287-303

Puspita, W, H. (2016). Analisis Motivasi Mahasiswa Program Studi Ipa Pada Mata Kuliah Kimia Dasar 2dengan Bahan Ajar Berbahasa Inggris, Pros. Semnas. Pend IPA Pascasarjana UM, Vol 1. pp 730-734

Rahayu, C, Festiyed. (2018). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Model Pembelajaran Generatif Dengan Pendekatan Openended Problem Untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 7(1) pp 1-6

Saleh, M. (2014). Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga, Lingkungan Kampus Dan Aktif Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik, Jurnal Phenomenom, Vol 4(2), pp 109-141

Sulaeman, A., Xu Hui. (2018). Implication of Motivation Theories on Teachers Performance in the Context of Education System in Tanzania, International journal of secondary education, Vo; 6(3), pp46-53

Sylviana, L, Z. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Stkip Siliwangi Bandung, Jurnal Teori dan Riset Matematika, Vol 1(1), pp 30-42

Wulandari, C, et al. (2018). Estimasi Validitas Dan Respon Siswa Terhadap Bahan Ajar Multi Representasi: Definitif, Makroskopis, Mikroskopis, Simbolik Pada Materi Asam Basa, Phenomenon , 2018, Vol. 08(2), pp. 165-174

Zakirman, Rahayu, C. (2018) Popularitas Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Berbagi Informasi Akademik Mahasiswa, Jurnal Shaut Al Muktabah, Vol 10(1), 27-38.

Zakirman, et al. (2018). Factors Influencing the Use of Lecture Methods in Learning Activities: Teacher Perspective, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 1st International Conference of Innovation in Education (ICoIE 2018), Atlantis Press, Vol. 178 pp 4-6.




DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v3i2.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats

 

Creative Commons License