KONSEP KESADARAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN

ERNIWATI LA ABUTE

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyadarkan manusia akan hak dan kewajiban seorang pribadi manusia untuk hidup bermasyarakat berbangsa, dan bernegara dalam pendidikan. Kesadaran sosial yang dimaksud disini adalah proses untuk mengembangkan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang berpendidikan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka yang kajiannya menitik beratkan pada analisis dan interprestasi bahan tertulis berdasaarkan konteksnya. Bahannya  berupa catatan yang terpublikasikan, buku teks, surat kabar, majalah, surat-surat, catatan harian, naskah, artikel dan sejenisnya, yang  berkaitan dengan keadaran sosial. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan metode Content analysis,  semiotic naratif dan deskriptif analysis.

Hasil Penelitian menunjukkan (1) kesadaran sosial dalam pendidikan meliputi : (a) penampilan diri dilihat dari presfektif orang lain.  (b) pengalaman orang lain dilihat dari presfektif dirinya. (c) penampilan orang lain dilihat dari presfektif diri sendiri. (d) Penampilan diri dilihat dari presfektif diri sendiri. (e) pengalaman diri dilihat dari presfektif orang lain. (f) pengalaman orang lain dilihat dari presfektif diri. (g) penampilan orang lain dilihat dari presfektif dirinya

Keywords


Pendidikan; Kesadaran; Sosial

Full Text:

PDF

References


Al-Mawardi, Adab ad-dunya wa Ad-Din, (Bairut: Dar al-Fikr,t.t).

Ahmad D Marimba, Pengantar Pendidikan Filsafat Islam, (Bandung: al-Ma’arif, 1987).

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milinium Baru, Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 2002.

Consuelo G. Sevila, dkk. Pengantar Metode Penelitian, (Jakarta: UI Pres, 1993).

Chaplin,J.P, Kamus Lengkap Psykologis, (Jakarta: Grafika Persada, 2001),

Dewantara, Ki Hajar, Karya Ki Hajar,(Yogyakarta: Taman Siswa,1961).

Hasan Langgulung, Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21, (Jakarta: Pustaka al-Husna, 1988).

H, Pupuh Fathurrahman, A. A Suryana, Fenny Fatriany, pengembangan pendidikan karakter, (Bandung: Rafika Aditama, 2013), Cet,ke-1.

Jamil Ahmad, seratus muslim terkemuka, (Jakarta: Pustaka Firdaus,2003).

Kementrian Agama, Al-Qur’an dan Terjemahanaya

Neong Muhajir, Metode Penelitian Kualitatif, (Jogjakarta: Rake Sarasin, 1990).

Stefan Titsscher, Michael Mayer, dkk. Metode Analisis Teks & Wacana (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2009).

Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat, (Jakarta:Raja Grafindo Persada,1997),

Undang-Undang No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Pusat pengembangan kurikulum 2003, kurikulum 2004, kerangka dasar, (Jakarta:

W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Grasindo, t.th.).

Yunus Firdaus M, Pendidikan Berbasis Realita Sosial, (Yogyakarta: Logung Pustaka, 2007),




DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v3i2.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats

 

Creative Commons License