PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF PADA MATA KULIAH INOVASI PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS BATURAJA

JOHAN EKA WIJAYA, ADE VIDIANTI

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar modul elektronik interaktif pada mata kuliah inovasi pendidikan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model penelitian dan pengembangan (Research & Development). Pendekatan yang dilakukan adalah mix methods research yaitu menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang diterapkan adalah yang dikemukakan oleh Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu 1) Perencanaan 2) Persiapan penulisan 3). Penulisan dan penyuntingan yang dalam hal ini merupakan tahan pengembangan produk dengan menggunakan software Flip PDF Profesional dan menghasilkan modul elektronik interaktif. Namun, model Rowntree ini tidak utuh pada bagian evaluasi produknya oleh karena itu model ini akan peneliti kolaborasikan dengan model evaluasi Tessmer sehingga ketidak utuhan model Rowntree akan tertutupi oleh kelebihan model evaluasi formatif Tessmer. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa bahan ajar modul elektronik interaktif memiliki tingkat kelayakan yang baik sekali dan efektif.

Keywords


Bahan Ajar, Modul Elektronik Interaktif, Inovasi Pendidikan

Full Text:

PDF Download

References


Arikunro, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Darmawan, D. 2012. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul; Bahan Ajar untuk persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamdani. 2011. Strategi Belajara Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Lim, J., Yunos, J. M., & Spahat, G. (2005). Development and evaluation of e-module for pneumatics technology. Konvensyen Teknologi Pendidikan Ke-18, 2(3), 322–327. Retrieved http://eprints.uthm.edu.my/2804/

Makki, B.(2012). The Impact of Integration of Instructional Systems Technology into Research and Educational Technology. Creative Education, 03(02), 275–280. https://doi.org/10.4236/ce.2012.3203

Panen, paulina & Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif; Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Pers.

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2009. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudijono. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta

Sugiyono. 2010. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta

Suprijanto. 2008. Pendidikan Orang Dewasa; dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tessmer. Martin. 1998. Planning and Conducting Formatif Evaluations. London: Kogan Page




DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v3i2.334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats

 

Creative Commons License