EFEKTIFITAS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA

ADI CANDRA KUSUMA, DWI SETIA MUJIONO

Abstract


Berbagai kendala dalam proses pembelajaran matematika telah dialami oleh mahasiswa dan dosen sendiri dalam proses pembelajaran di kelas sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang cocok digunakan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah diperolehnya efektifitas pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan Keterampilan berfikir kritismahasiswa. Dengan metode yang digunakan eksperimen (kuantitatif) yang telah diskemakan dengan mengambil subjek penelitian mahasiswa Prodi Teknik Komputer semester II kelas D sebagai kelas kontrol dan kelas F sebagai kelas eksperimen pada Tahun Akademik 2018/2019 pada bahasan Statistika. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes soal seperti validitas, reliabelitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Hasil penelitian sebagai berikut (1) ketuntasan individu memenuhi KKM (68), (2) ketuntasan klasikal sebesar 75% dengan proporsi mahasiswa sudah mendapatkan nilai 68 sudah melampaui 75%; (3) kemampuan Keterampilan berfikir kritismahasiswa  pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik sebesar 79,5 lebih tinggi dari pembelajaran ekspositori sebesar 76,2 (4) adanya peningkatan kemampuan Keterampilan berfikir kritismahasiswa sebesar 0.464 kategori sedang kemudian selisih peningkatan kemampuan Keterampilan berfikir kritis mahasiswa yang diberikan perlakuan pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik lebih besar dari pembelajaran Ekspositori.

Keywords


PBL, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Keterampilan berfikir kritis

Full Text:

PDF

References


Angga, I Pt et al. 2016. “PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS.”

Cahyono, Budi. 2017. “Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam.” Aksioma 8(1): 50–64.

Erny, Erny, Saleh Haji, and Wahyu Widada. 2016. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Kepahiang.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 2(1).

Kusuma, Adi Candra et al. 2018. “Efektifitas Pembelajaran Guided Teaching Dengan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Mahasiswa PENDAHULUAN Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan , Kegiatan Belajar Berperan Sangat Penting , Dimana KBM Di Perguruan Tinggi Terjadi.” 1(3): 315–27.

Mulia, M A. 2016. “Keefektifan Model PBL Berpendekatan Realistik Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” (2013): 50–61.

Pendidikan, Jurnal, and Adi Candra Kusuma. 2017. “Cakrawala.” (2): 1–8.

Safrida, Lela Nur, Reza Ambarwati, Robiatul Adawiyah, and Ermita Rizki Albirri. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.” EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika 6(1): 10–16.

Sufairoh. 2016. “Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13.” Jurnal Pendidikan Profesional 5(3): 117–25.




DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v3i2.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats

 

Creative Commons License