MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KABUPATEN BOALEMO

CHRISTI ES ADIPU

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara pada anak kelompok B di TK KiHajar Dewantoro Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo melalui metode bermain peran.

Metode yang digunakan dalam metode ini adalah dengan metode penelitian tindakan kelas dengan Subyek penelitian ini sebanyak 20 siswa, terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I dan pada siklus II pembelajaran melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara pada anak usia dini

Keywords


Menyimak, Berbicara, Bermain, Peran

Full Text:

PDF 60-72

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Aisyah, siti. 2008, Pengembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, Universitas terbuka.

Bachri,S Bachtiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud

Barbara Sher. 2011. Kiat melatih konsentrasi pikiran anak. Jakarta: Indeks

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No.20 Tahun 2003) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Depdiknas. 2009. Kurikulum Permen No. 58 Tentang Standar PAUD. Depdiknas Jakarta

Diana Mutiah. 2010. Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta:Kencanaprenada

Djiwandono, Soenarji. 2008. Tes Bahasa. Jakarta: Indeks.

Darmiyati Zuhdi. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.Artikel

Eisele, Beverly, 1991. Managing the Whole Language Classroom, a Complete Teaching Resource Guide for K-6 Teachers. Cypress: Creative Teaching Press,Inc.

Fathurrohman, Pupuh. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Aditama.

Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Refika Aditama.

Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Hartinah, 2009. Konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung:Refika Aditama

Herlina, Cici. 2005. Upaya untuk Menguji Efektifitas Pengajaran dengan Menggunakan Alat Peraga yang akan Dibandingkan dengan Pengajaran Tanpa Menggunakan Alat Peraga. Semarang : UNNES.

Mulyasa, H.E.2010. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakrya

Mulyati, Yeti. Bahasa Indonesia. 2009. Jakarta Universitas Terbuka

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajara. Bandung: Rosdakarya.

Saddhono, Kundharu dan St. Y. Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Sitti Aisyah, dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sudjana Nana. 2010. Penilaian Pembelajaran, Bandung: Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 2010.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: ALFABETA, cv Sumiati, dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Suyadi. 2010. Bimbingan konseling untuk PAUD. Jogjakarta:Divapress

Subyantoro. 2013. Pembelajaran bercerita : Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung




DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v3i2.296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats

 

Creative Commons License