PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI KABUPATEN GORONTALO UTARA

LISNAWATI KADIR ELIS

Abstract


Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri 4 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara

Untuk mengumpulkan data digunakan Observasi, kuesionare dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI SDN 4 Anggrek berjumlah 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian menggunakan random sampling, sehingga jumlah sampel yang di ambil sebanyak 40 orang yang akan diteliti sesuai obyek penelitian.

Berdasarkan hasil analisis bahwa model pembelajaran dan motivasi belajar signifikan terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri 4 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.

Keywords


Model; Pembelajaran; Motivasi; Belajar; Hasil

Full Text:

PDF

References


Achmad, Sugandi, dkk. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Dimyati. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Djamarah, Syaiful B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Erawati, Widya. 2011.Implementasi Model VCT (Values Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Semester 1 SD No. 3 Purwakerthi Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha

Furchan, Arief. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar

Gagne, Robert M. 2003. Prinsip-Prinsip Belajar Untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2017. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno dan Satria M.A. Koni, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: MQS Publishing

Hapsari, Yolanda Rossey (2012) Studi Komparasi Metode Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Dan Konsiderasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SD Negeri Trangsan 03 Gatak Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

I Dewa Made Arta Putra (2013) Pengaruh model pembelajaran value clarification teenique (vct) terhadap hasil belajar pkn siswa kelas v. Indonesian Publication Index (IPI).

I Dewa Made Arta Putra, 2013. Pengaruh model pembelajaran value clarification teenique (VCT) terhadap hasil belajar Pkn siswa kelas V. Tesis. Jurnal Ilmiah Vol 3 Nomor XII.

Indriana, Dana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: DIVA Press.

Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Johnson, 2011. Kelebihan Model PembelajaranBerdasarkanMasalah. Jakarta: PT Gramedia

Kemdiknas. 2011. Standar Kompetensi dan Kompetensi Standar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdiknas.

Kertawisastra. 2003. Strategi Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.

Maning. 2004. Model Pembelajaran Efektif dan Strategi Proses Pembelajaran. Jakarta :Gramedia.

Moedjiono. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Nana Syaodih Sukmadinata, 2009. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rasimin, dkk,. 2012. Media Pembelajaran, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Trust Media,

Riduwan 2009. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci

Rohani, Ahmad. 2014. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum danPembelajaran. Jakarta:Kencana Perdana Media Group.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarjono. 2003. Model Pembelajaran dan Teknik Pembelajaran Efektif. Jakarta: Gramedia.

Sudaryo. 2008. Mendesain Model-model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Epektif. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudaryono. Dkk, 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yokyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono, 2013. Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Gramedia

Suryani.2004. Motivasi Belajar dan Peningkatan Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

UNDANG-UNDANG No.20.2003. Tentang Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara RI.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v3i2.294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats

 

Creative Commons License