ANALISIS KOMPETENSI DALAM MEMAKSIMALKAN PELAYANAN PRIMA PADA USAHA RESTORAN DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR SULAWESI BARAT

Wim Winowatan, I Putu Suarta, Murdiani Sukaran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemahaman pramusaji terhadap pelayanan prima, dan (2) Implementasi uji kompetensi bagi pelaku usaha jasa Restoran di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Populasi penelitian adalah Pemerintah Daerah Polewali Mandar, Masyarakat dan Pelaku Usaha Jasa Restoran (Stakeholder). Metode pengambilan sampel secara purposive sejumah 50 informan, yakni 20 orang berasal dari industry, 5 orang berasal dari pemerintah daerah dan 25 orang berasal dari pramusaji. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan daftar pertanyaan dan dokumentasi. Metode analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemahaman pramusaji terhadap konsep pelayanan prima masih kurang sesuai dengan kebutuhan industri. Demikian pula kompetensi yang dimiliki bagi pelaku usaha jasa restoran masih kurang. Dengan demikian diharapkan pemerintah daerah dan Stakeholder dapat melakukan pendekatan kepada pelaku usaha jasa restoran melalui kegiatan sosialisasi tentang pentingnya penerapan  pelayanan prima bagi setiap tamu yang berkunjung di restoran. Demikian pula pengembangan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan dapat diterapkan.  Jika kedua hal tersebut dapat dilaksanakan maka, pelayanan dapat diberikan kepada setiap tamu. Hal ini akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah melalui pajak pada setiap usaha jasa restoran


Keywords


Pelayanan Prima, Restoran, Pramusaji, Kompetensi

References


Abdullah, Faisal, 2001. Dasar-Dasar Manajemen keuangan. Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

Akib, Haedar. 2010. Implementasi Kebijakan : Apa, Mengapa dan Bagaimana. Jurnal Administrasi Publik Vol. 1 Nomor 1 Tahun 2010

Anom, I.B. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Denpasar: Dinas Pendidikan

Anoraga & Widiyanti. 1993. Psikologi dalam Perusahaan. Jakarta: Rineka cipta

Arikunto, Suharsimi (2010) , Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta

Aziz. S.R. & Abdul. 2003. Memahami Fenomena Sosial Melalui Studi Kasus. Jakarta ; PT Raja Grafindo Persada

Azwar, AH. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Barata, Atep Adya. (2003). Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media Kompetindo.

Cameron, Kim S. & Quinn, Robert E. (2011). Diagnosing And Changing Organizational Culture. Third Edition. San Fransisco, CA : Jossey - Bass.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pedoman Umum Pelaksanaan Pendidikan Berbasis Keterampilan Hidup (Life Skill) Melalui Pendidikan Broad Based Education dalam Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda. Jakarta Ditjen PLS dan PemudaEdward III, George C (edited), 1984, Public Policy Implementing, Jai Press Inc, London-England.

Fandy Tjiptono and Gregorius Chandra. 2007. Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset

J. Moleong, Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Judiari, Josina, 2010, Psikologi Konsumen, Buku Ajar (tidak dipubikasikan)

Juliartha, Edward. 2009. Model Implementasi Kebijakan Publik.,Jakarta : Trio Rimba Persada

Kotler, Philip.2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia

Lester, James P dan Steward, Josep Jr.2000. Public Policy:An Evolutionari Approach.Belmont:Wadsworth.

Maddy, Khairul. (2009). Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima, Jakarta ; Chama Digit

Miles, Mattew B dan A.A. Michael Huberman 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press

Moleong, Lexy J., 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003. Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Nurdin, Syafruddin dan Usman, Basyiruddin. 2003. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.

Pendit, Nyoman S. 2004. Ilmu Pariwisata. Jakarta : Pradaya Paramita

Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2006, Tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional

Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (lembaran Negara Repbulik Indonesia Nomor 24 Tahun 2012)

Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 24)

Pratomo & Shaff, Akhsin. 2000. Pelayanan Prima. Bandung: Angkasa Bandung

Rahmayanti, Nina. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu

Supardi, 2006. Metodologi Penelitian, Mataram : Yayasan Cerdas Press.

Suwithi, Ni Wayan. (1999) Pelayanan Prima (Costumer Care). Makalah Penataran Guru Akomodasi Perhotelan Pada Pusat Pengembangan Penataran Guru Kejuruan; Jakarta

Tahir, Arifin, 2014, Kebijakan Publik & Transparansi Penyelenggaran Pemerintah Daerah, Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandy, 2002. Manajemen Jasa, Edisi Kedua, Yogyakarta : Andi

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan public.

United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD). 2005. World Investment Report

Wahab, Solichin Abdul. 2004. Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta; BumiAksara.

Wahab, Solichin Abdul, 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

William N. Dunn. 2000. Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Winarno, Budi. (2002). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta:Media Pressindo.

Winowatan, Wim J., 2018, Implementation of Competency-Based Curriculum Policy. e-ISSN:2279-0837, p-ISSN : 2279- 0845, IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) Volume 23 Issue 2,Ver 4 Februari 2018 PP 30)

Winowatan, Wim, J., 2018, Persepsi Stakeholder Terhadap Kurikulum Berbasis Kompetensi Politeknik Pariwisata Makassar. Studi pada Industri Perhotelan kota Makassr. Jurnal Administrare; Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administratsi Perkantoran.UNM Makassar. Vol 5. No.2 Juli-Desember 2018 Hal 123-128. P-ISSN;2407-1765., e-ISSN; 2541-1306




DOI: https://doi.org/10.32529/jim.v3i2.421

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.32529/jim.v3i2.421.g303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

emor