PERILAKU KONSUMEN PRODUK SMARTPHONE (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Luwuk)

Nurhidayah Layoo, Sanjayanti Uto Dg. Sarabang

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor kelas sosial, faktor keluarga, Faktor gaya hidup dan faktor kelompok acuan terhadap keputusan menggunakan smartphone. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Luwuk, Penarikan sampel secara purposive sampling dan diperoleh 50 sampel. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner, Data dianalisis secara deskriptif dan statistik parametrik regresi linear berganda melalui program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kelas sosial, keluarga, gaya hidup dan kelompok acuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan smartphone. Sedangkan variabel yang dominan berpengaruh adalah variabel gaya hidup

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of social class factors, family factors, lifestyle factors and reference group factors on decisions using smartphones. the population in this study were all students of Management University of Muhammadiyah Luwuk. Sampling was taken by purposive sampling and 50 samples were obtained. Data collected through questionnaires, data were analyzed descriptively and parametric statistics of multiple linear regression through the SPSS program version 20.0. The results showed that the variables of social class, family, lifestyle and reference groups had a positive and significant effect on consumer decisions in using smartphones. While the dominant variable influencing is the lifestyle variable

Keywords: social class, family, lifestyle, reference group, consumer decision


Keywords


Kelas sosial, keluarga, gaya hidup, kelompok acuan, keputusan konsumen

References


Arifin, Ratna Revani (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Membeli Smartphone Merek Samsung Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. ejournal Adminsitrasi Bisnis, volume 6 nomor 2, pp 723-735

Rezky Andi Putri, Noviana. (2016). Hubungan Tingkat Penggunaan Smartphone Pada Remaja Dengan Interaksi Dalam Keluarga.IPB,Bogor.

Dharmesta, Basu Swastha.,Handoko T.Hani (2008). Manajemen Pemasaran:Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Engel, James, Roger D.Blackwell dan Paul Miniard (1995) Perilaku Konsumen Jilid I Edisi ke enam, PT.Binarupa Aksara, Jakarta

Julianda, Ikko dan Kumalasari, Eka. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pengguna Samrtphone Merek Samsung Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta Volume 3 Nomor 1, pp 173-197

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, (2012) Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, dan Pengendalian. Jilid I, Erlangga Jakarta.

Kotler,Philip dan Kevin Lane Keller, ( 2012 ) Manajemen Pemasaran. Jilid 2 Edisi i4, PT.Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta

Kotler, Philip (2003) Manajemen Pemasaran. Jilid 2

Edisi Ke 12, Erlangga. Jakarta

Mayasari, Hesty (2012). Perilaku Pembelian Ponsel Cerdas (Smartphone) : Antara Kebutuhan dan Gaya Hidup Konsumen di Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Volume 3 nomor 1, Januari 2012, pp 93-120.

Miko, Andika (2011) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Konsumen

Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler Lebih Dari SatuOperator., Skripsi.Universitas Andalas, Padang.

Setiadi, Nugroho J. (2003) Perilaku Konumen, Kencana, Jakarta

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku konsumen : Teori dan Penerapan dalam

Pemasaran, Faktor Psikografi. Galia Indonesia, Bogor.

Schiffman dan Kanuk, (2007), Perilaku Konsumen. dialih bahasakan oleh

Zulkifli Karsip, Edisi Ketujuh, Penerbit PT.indeks Gramedia, Jakarta.

Sugiyono. (2013) Statistika untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung

William , B. K., dan Sawyer, S. C. (2011). Diterjemahkan Oleh : Nur Wijayaning Rahayu dan Th. Arie Prabawati. Using Information Tecnology Smartphone. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.32529/jim.v3i1.341

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.32529/jim.v3i1.341.g248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

emor