PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA INSTITUSI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK

WAHYUDIN RAHMAN

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara parsial dan secara simultan mengenai kualitas layanan dan citra institusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, serta untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumen dan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk, dengan 236 responden sebagai sampel yang diperoleh dengan menggunakan Rumus Sloven. Analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif yang menjelaskan data penelitian dan deskripsi penelitian, sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan alat analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa secara simultan maupun secara parsial variabel kualitas layanan dan citra institusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Unismuh Luwuk, serta berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk adalah kualitas layanan.

Keywords


Kualitas Layanan,Citra Institusi, Kepuasan Mahasiswa

References


Abdullah Taman, Sukirno, Annisa Ratna, Ngadirin Setiawan, Adeng Pustikaningsih. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Nominal Vol. II Nomor I, Yogjakarta.

Dewi Suryaningtias, Nuddin Harahap, Harsuko Riniwati (2013). Analisis Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Nelayan) Di UPTD Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) POPOH, Desa Besole Kecamatan Besuki Tulungagung, Jawa Timur, Jurnal ESCOFiM Vol. 1, Universitas Brawijaya Malang.

Ferdinand, Augusty, (2013), Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi : Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Indah Dwi, P. (2009). Analisis Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus Pada Undaris Ungaran). Tesis Program Magister Manajemen,Universitas Diponegoro.

James F. Engel, Warshaw, Kinnear, (1994), Perilaku Konsumen, Jilid 2, Edisi VI, terjemahan: Budijanto, PT. Binarupa Aksara, Jakarta.

Jasfar., Farid, (2005). Manajemen Jasa. Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia, Bogor.

Kottler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran: Analysis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat-Prentice Hall.

-------------------. (2002), Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid satu, PT. Prehalindo, Jakarta.

-------------------. dan Keller, K, L. (2009). Manajemen Pemasaran (Bejamin Molan, Pentj). Ed 12, Jilid 1&2. Jakarta : Indeks.

Marina Purwandani (2005) Analisis Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Kasus pada Penumpang Kereta Api Argomuria.

Modding, Basri (2012), Pemasaran Strategik, Edisi I, Cetakan I, PT. Umitoha Ukhuwah Grafika, Makassar

Mowen, John C dan Minor, Michael. (2002). Perilaku Konsumen, Erlangga, Jakarta.

Nurul Qomariah, (2012), Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur), Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 10 No 1. Jember

Rinala, I Nyoman, I Made Yudana, I Nyoman Natajaya (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4.

Rofiq, Ainur. (2007). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia

Santoso, Singgih. 2012. Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta

Simonson. (1997). Marketing Aesthetic: The Strategic Management of Brands, Identity, and Image, New York: The Free Press

Situmorang, Syafrizal Helmi et al., (2011). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis, USU Press, Medan

Sutisna. (2001), Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan I, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2009). Statistik Untuk Penelitian. Cetakan Kedua. Penerbit CV. Alpha Beta. Bandung

Tjiptono, Fandy, (2014), Pemasaran Jasa, Prinsip penerapan dan penelitian Yogyakarta: Andi.

------------------, (2002). Strategi Pemasaran. Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, Chandra, Gregorius, dan Adriana, Dadi. (2005). Pemasaran strategik, CV Andi offset, Yogyakarta.

Trihendradi, Cornelius (2005), Step by step SPSS (Analisis Data Statistik), Penerbit Andi Offset Yogjakarta.

Windi Novianti (2010). Pengaruh Citra Institusi dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Mahasiswa (survei pada Mahasiswa Jenjang DIII pada Universitas Swasta di Kota Bandung), Tesis Pascasarjana Magister Manajemen Unikom Bandung




DOI: https://doi.org/10.32529/jim.v1i2.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wahyudin Rahman



emor