ANALISIS PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA TOYOTA AGYA CLUB LUWUK BANGGAI

Melda Gienardy

Abstract


Persaingan pasar yang semakin ketat secara tidak langsung akan mempengaruhi suatu perusahaan dalam mempertahankan pangsa pasar. ada tiga tanda penting yang dapat mempengaruhi kelangsungan suatu komunitas agar tetap dapat bertahan dengan baik dan dapat memberikan pengaruh positif  diantaranya adalah Kesadaran bersama, Ritual dan tradsi serta Rasa tanggung jawab moral. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh sebanyak 27 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi sederhana dan uji parsial (uji T). Berdasarkan hasil penelitian didapat persamaan regresi linear sederhana Y = 2,800 + 0,340 X. Berdasakan uji hipotesis dengan menggunakan Uji T, membuktikan bahwa secara parsial, T hitung > T tabel atau 4,026 > 1,708, berarti terdapat pengaruh signifikan secara parsial, antara Brand Community (X) tehadap Loyalitas Merek (Y). Uji koefisien korelasi menunjukan hubungan yang kuat antara X dan Y.

Keywords


Brand Community dan Loyalitas Merek

References


Agung Nugroho, 2005, Strategi Jitu Memilih Metoe Statistik Penelitian dengan SPSS, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Alba, J.W. & Hutchinson. 2001. Dimension of Consumer Expertise, Journal of Consumer Research, Vol. 13, March, pp. 411-454.

Bilson, Simamora, 2004, Riset Pemasaran, Jakarta, Gramedia Utama.

Fajar M.K (2010). Analisis Pengaruh Brand Community terhadap Loyalitas Merek pada pengguna Honda Megapro di Surakarta. Skripsi. Surakarta.

Isabelle Szimigin and Alexander E. Reppel. 2002. Internet Community Bonding. The case of Macnews. Vol. 38, August pp. 626-640.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, implementasi dan Kontrol, Edisi Sebelas. Alih Bahasa, Hendra Teguh. Jakarta: Penerbit PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Keller K Lane, (2006). Manajemen Pemasaran, Jakarta : Ghalia. Indonesia.

Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12, PT Indeks. New Jersey.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2010). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi 13 Jakarta : Erlangga.

Kusuma. 2010Analisis. Pengaruh Brand Community Terhadap Loyalitas Merek Pada Pengguna Honda Megapro di Surakarta. Melalui eprints.undip.ac.id(diakses 12 September 2017).

Muniz, A.M. Jr. And T.C. O’Guinn. 1995. „Brand Community‟, Journal ofConsumer Research, 27(4): 412-32.

Muniz, Albert M. & T.C. O’Guinn, Thomas C, 2001, Brand Community, Journal of Consumer Research.

McAlexander, Jamesh, John W. Schouten & harold F. Koenig, 2002. Building Brand community. Journal of Marketing. 66, 1, Januari, hal 48-74.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta : Salemba.New Jersey : Printice Hall.

Schiffman, Leon G. And Leslie L. Kanuk. 2000. Consumer Behavior, Fifth Edition, Prentice-Hall Inc. New Jersey.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32529/jim.v3i1.307

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.32529/jim.v3i1.307.g245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Manajemen Emor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

emor