ANALISIS MANAJEMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk UNIT BUALEMO

Nurcahya Hartaty Possumah, Cindi Rina Fricilia Lamala

Abstract


Bank sebagai lembaga keuangan memiliki tahapan-tahapan dalam memberikan pinjaman kepada masyarakat yang ingin mengajukan permintaan pinjaman. Hal itu dikarenakan sering kali pemberian pinjaman tersebut tidak dapat dilunasi secara tepat waktu oleh calon nasabah baik pokok pinjaman maupun bunga pinjaman yang telah ditetapkan.

Sistem pemberian kredit bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam proses pengajuan kredit bagi nasabah, maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemberian kredit yang digunakan oleh Bank Rakyat Indonesia Unit Bualemo, dan apakah sistem yang digunakan sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah.

Dalam hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Bank Rakyat Indonesia mempunyai beberapa tahapan dalam memberikan kredit kepada nasabah diantaranya menerapkan analisis 5C dan 7P yang sesuai dengan SK DireksiBank Indonesia No. 27/162/KEP/DIR tanggal 31 Maret 1995 kepada calon nasabah kredit, sehingga proses analisa pemberian kredit tersebut memang sesuai dan tepat diberikan kepada calon nasabah.

Keywords


Bank, Prosedur, Pemberian Kredit



DOI: https://doi.org/10.32529/jim.v2i1.188

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.32529/jim.v2i1.188.g93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 NURCAHYA HARTATY POSSUMAH.,SE.,MM, Cindi Rina Fricilia Lamala

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

emor