FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PENDAPATAN PETANI KACANG TANAH DI DESA PONDAN KECAMATAN LAMALA KABUPATEN BANGGAI

Sri Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh faktor harga kacang tanah terhadap rendahnya pendapatan petani kacang tanah di Desa Pondan. (2) Untuk mengetahui pengaruh faktor biaya produksi kacang tanah terhadap rendahnya pendapatan petani kacang tanah di Desa Pondan. (3) Untuk mengetahui pengaruh faktor sulitnya pemasaran kacang tanah terhadap rendahnya pendapatan petani kacang tanah di Desa Pondan Kecamatan Lamala. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan April sampai Juni 2012 yang bertempat di Desa Pondan Kecamatan Lamala. Dalam analisis data  peneliti menggunakan analisis regresi berganda dengan 3 prediktor. Adapun persamaannya adalah: Y = +   +  + +  e. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dari tiga variabel independen semuanya berpengaruh sangat nyata atau signifikan terhadap pendapatan petani kacang tanah (variabel independen) pada taraf kepercayaan 95 % yaitu variabel harga (X1) dengan nilai 0,001; variabel biaya produksi (X2) dengan nilai 0,000 dan variabel pemasaran (X3) dengan nilai 0,003 dimana ketiga variabel tersebut mempunyai nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α (0,05).

Keywords


Kacang Tanah, Pondan, Pendapatan

References


Arikonto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Lopez, 2003. Positive Psycological Assessment. Pengembangan Karakter Petani. Bhatara Karya Nusantara. Jakarta.

Sibarani & Franky M.A. 2005. Budidaya Kacang Tanah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Suyamto. 2006. Pengembangan Tanaman Kacang Tanah untuk Lahan Kering. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Jakarta.

Swastha Basu dan Irawan, 2000. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty Yogyakarta.

UPTD Pertanian. 2010. Kecamatan Lamala, Banggai.




DOI: https://doi.org/10.32529/ja.v1i2.632

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.32529/ja.v1i2.632.g396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.