PENERAPAN KARAKTER RELIGIUS, NASIONALIS, DAN INTEGRITAS DALAM BUDAYA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Firdah Annisa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Badruli Martati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Deni Adi Putra Universitas Muhammadiyah Surabaya

Keywords:

Pendidikan Karakter, Budaya, Sekolah Dasar

Abstract

Di era pasca pandemi covid-19, pelaksaaan pendidikan karakter mulai membaik, siswa dapat belajar tatap muka di sekolah sehingga kegiatan diluar kelas juga dapat terlaksana. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengetahui penerapan karakter religius, nasionalis, dan integritas dalam budaya di sekolah dasar diera pasca pandemi covid-19 apakah sudah berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan karakter religius, nasionalis, dan integritas dalam budaya sekolah dasar di SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa SD Muhammadiyah 26 Surabaya sudah menerapkan semua nilai karakter, nilai karakter yang diutamakan disekolah ini yaitu nilai karakter religius. Namun, didalam pelaksanaanya sekolah juga menerapkan nilai karakter yang lainnya, meliputi nili karakter integritas, nasionalis, mandiri, dan gotong-royong. Namun peneliti akan memfokuskan ke 3 aspek yaitu pendidikan karakter religius, nasionalis, dan integritas. Nilai karakter religius dan nasionalis dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan kegiatan keteladanan. Sedangkan, nilai karakter integritas dilakukan melalui kegiatan pembiasaan ksesharian siswa di dalam kelas maupun diluar kelas Dari 3 aspek yang diteliti, dapat disimpulkan bahwa penerapan karakter religius, nasionalis, dan integritas dalam budaya di SD Muhammadiyah 26 Surabaya sepenuhnya terlaksanakan dengan baik.

References

Afdhila, H. Q., Setiawan, F., & Martati, B. (2022). Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2), 174. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1413

Ana, M. F., Martati, B., & Afiani, K. D. A. (2019). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Pada Siswa SD Muhammadiyah 29 Surabaya Kelas II di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Handayam, 13(1), 21–26.

Anonim. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id

Aswat, H., Onde, M. K. L. O., B, F., Sari, E. R., & Muliati, M. (2021). Analisis Pelaksanaan Penguatan Karakter Religius Selama Masa Distance Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4301–4308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1446

Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 247. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011

Evananda, F., Bafadal, I., & Sobri, A. Y. (2018). Studi Kasus Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dolan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 252–262. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p252

Isnaeni, Y., & Ningsih, T. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melaui Pembelajaran IPS. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 662–672. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255

Martati, B. (2020). Urgensi Konsep Diri Mahasiswa Dalam Pembelajaran Di Era Covid-19 Sebagai Upaya Pendidikan Karakter. In Kampus Merdeka: Penerapan Kurikulum Kampus Merdeka Di Era Covid-19 Dalam Perspektif Tenaga Didik (p. 41).

Muhajirin, maya P. (2017). Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (p. Ebook 148:148-62). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., Guru, P., Dasar, S., & Muhammadiyah, U. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. 8(1).

Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor). 1(1), 55–67.

Puspitasari, L., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2019). Pembinaan Kedisiplinan Siswa melalui Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(5), 600. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12418

Roziqin, K., Martati, B., Putra, D. A., Guru, P., Dasar, S., & Surabaya, U. M. (2021). Analisis Karakter Religius Siswa Dalam Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. 7(1), 1–6.

Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal DIKDAS BANTARA, 2. https://doi.org/10.47466/hikmah.v17i2.198

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suwandayani, B. I., & Isbadrianingtyas, N. (2017). Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar. Prosiding SENASGABUD, 34–41.

Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Di Sd Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan, 22(1), 40–51. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/7260

Downloads

Published

2023-01-24

Issue

Section

Articles